lamancrow onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet
banner 728x250

Coding Asyik dan Menarik untuk Media Pembelajaran di Yayasan Pondok Pesantren Attanwir Talun

banner 120x600
ertik468x60

Bojonegoro, 17 Desember 2023 – Yayasan Pondok Pesantren Attanwir Talun, bekerja sama dengan para Asatidz Madrasah Aliyah Attanwir Talun Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Provinsi Jawa Timur, sukses menyelenggarakan Workshop Media Pembelajaran berbasis Android. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Desember 2023.

Acara yang dihadiri oleh puluhan Asatidz Madrasah Aliyah Attanwir tersebut menampilkan Abdullah Umar, S.Kom, Tim Komunikasi Publik RTIK Jatim, dan Wakil Ketua RTIK Kota Blitar Jatim sebagai pemateri utama. Abdullah Umar memberikan pencerahan tentang manfaat belajar coding sejak dini, dengan penekanan pada enam poin penting, yaitu:

banner 325x300
  1. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Belajar coding membantu meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah, membentuk pola pikir logis, dan mengasah keterampilan analisis.
  2. Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Coding membantu mengembangkan kemampuan berpikir komputasional, yang esensial dalam memecahkan masalah kompleks dan mengoptimalkan kinerja sistem.
  3. Meningkatkan Kreativitas Anak-anak yang belajar coding cenderung lebih kreatif, dapat menciptakan solusi inovatif, dan melihat berbagai kemungkinan dari suatu permasalahan.
  4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Proses belajar coding melibatkan pembuatan instruksi yang jelas dan komunikasi efektif, membantu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
  5. Mendorong Kegigihan Anak Coding melibatkan proses uji coba, debug, dan peningkatan berkelanjutan, yang dapat membentuk sikap gigih dan ketahanan terhadap tantangan.
  6. Meningkatkan Kemampuan Digital Literacy Dengan memahami coding, anak-anak menjadi lebih melek teknologi dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dunia digital.

Pada sesi praktik, para peserta workshop diajak untuk menggunakan aplikasi Scratch (https://scratch.mit.edu/) dan MIT App Inventor (https://appinventor.mit.edu/). Dua platform ini dipilih karena memberikan pengalaman interaktif dan mendidik bagi peserta, terutama dalam pengembangan aplikasi berbasis Android.

Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keterampilan teknologi di kalangan Asatidz Madrasah Aliyah Attanwir, membuka wawasan baru, dan mendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran di era digital.

Lokasi Pondok Pesantren ATTANWIR

Jati, Talun, Sumberejo, Bojonegoro Regency, East Java 62191

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ole777

Ole777