lamancrow onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet
banner 728x250

Sinergisitas Jatim Digital 2023: Mewujudkan Ruang Digital yang Sehat

banner 120x600
ertik468x60

Bojonegoro, 12 November 2023 – Di Eastern Hotel Bojonegoro, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menggelar acara Sinergisitas Jatim Digital 2023. Acara ini bertujuan untuk menciptakan ruang digital yang sehat dan produktif bagi masyarakat Jawa Timur. Sebagai pembicara utama, Kak Shela, Wakil Ketua RTIK Jawa Timur, Kabid Program & APTIKA Relawan TIK Indonesia, Pandu Digital Madya Kominfo RI, dan ASESOR BNSP RI, memberikan wawasan mengenai pentingnya pengelolaan informasi yang baik.

Dalam pembicaraannya, Kak Shela menggambarkan kekuatan informasi dengan pernyataan, “The Power of Information! Siapakah yang Menguasai Informasi, Dialah yang akan Menguasai Dunia.” Pernyataan ini mencerminkan pentingnya penguasaan informasi dalam era digital ini, di mana informasi menjadi kunci utama untuk kemajuan dan keberhasilan.

banner 325x300

Kak Shela juga mengajak peserta untuk memahami dan menghindari gangguan informasi yang dapat merugikan masyarakat. Dia membahas tiga bentuk gangguan informasi, yaitu:

  1. Misinformasi: Informasi yang tidak benar, namun orang yang menyebarkannya percaya bahwa informasi tersebut adalah benar tanpa bermaksud membahayakan orang lain.
  2. Disinformasi: Informasi yang tidak benar, dan orang yang menyebarkannya juga tahu bahwa informasi itu tidak benar.
  3. Malinformasi: Sebagian informasi benar, namun digunakan dengan niat untuk merugikan seseorang atau kelompok tertentu.

Menyoroti Ancaman Hoax Bagi Kehidupan Demokrasi, Kak Shela menguraikan beberapa konsekuensi serius dari penyebaran informasi palsu:

  1. Pemahaman yang Keliru: Hoax dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap isu-isu penting, mengubah cara mereka memandang dunia, dan bahkan membentuk opini yang keliru.
  2. Hambatan Pengembangan Ilmu Pengetahuan: Informasi palsu dapat menghambat perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian, karena masyarakat mungkin bingung dengan fakta dan data yang tidak akurat.
  3. Racun bagi Demokrasi: Kak Shela menekankan bahwa informasi adalah oksigen bagi demokrasi, dan informasi bohong adalah racun bagi demokrasi. Hoax dapat mempengaruhi proses demokratis dengan menyebarkan informasi yang menyesatkan dan merugikan.

Materi Dapat didownload pada Tautan/Link Berikut: https://s.id/NetizenCerdas2023

Sebagai solusi, Kak Shela memberikan tips menjadi warganet cerdas. Pertama, membaca semua informasi secara utuh untuk mendapatkan gambaran yang akurat. Kedua, mengembangkan kemampuan berpikir kritis untuk merawat akal sehat saat membaca informasi. Ketiga, melakukan tabayyun dengan memeriksa dan menyelidiki kembali setiap informasi yang diterima. Keempat, menggunakan pikiran logis dan ilmiah dalam menilai suatu berita, serta menghindari pembawaan perasaan saat menelaah informasi. Kelima, menahan diri sebelum membagikan informasi, dengan menyaring informasi sebaik mungkin. Terakhir, mengedepankan perilaku lapang dada, toleran, dan sabar saat membaca berita.

Dengan Sinergisitas Jatim Digital Tahun 2023, diharapkan masyarakat Jawa Timur dapat membangun ruang digital yang sehat dan terhindar dari dampak negatif gangguan informasi. Semua pihak diharapkan bersinergi untuk menciptakan lingkungan digital yang aman dan bermanfaat bagi perkembangan masyarakat dan demokrasi.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ole777

Ole777