lamancrow onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet onicbet
banner 728x250

Pelatihan Video Jurnalis Bersama Laznas LMI: Membangun Kreativitas Anak Desa Balerejo

banner 120x600
ertik468x60

Balerejo, Desa Balerjo – Forum Anak Desa Balerejo (FAD Balerejo), yang merupakan bagian dari warga Desa Balerjo yang dibina oleh Agen Pemulihan (AP) Desa Balerejo, menggelar sebuah pelatihan yang berkesan. Pelatihan kali ini membawa kegembiraan kepada 30 Sobat Muda dengan topik menarik, yaitu pelatihan video jurnalis bersama Laznas LMI (Lembaga Manajemen Infaq).

Acara yang dipandu oleh Ketua Relawan TIK dan pendamping lokal Desa Balerejo, Lilik Yuliana, berlangsung di Balai Desa Balerejo pada Kamis (26/05/2022). Berdurasi dua jam, acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan seputar video jurnalis tetapi juga mengajarkan tentang GANALA (Siaga Bencana Alam).

banner 325x300

Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua AP Desa Balerejo, Sri Handayani, memberikan semangat kepada peserta. Ia berharap agar melalui acara ini, anak-anak desa bisa mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat.

Pelatihan dimulai dengan perkenalan dari Susanto, Manajer Penanggulangan Bencana Laznas LMI, yang menjelaskan perannya dalam penanggulangan bencana. Ia membagikan foto dan video hasil karyanya bersama tim, memberikan wawasan langsung mengenai peran video jurnalis.

Peserta diberikan 15 tips penting dalam pembuatan video jurnalis, dengan tiga elemen utama: cerita, audio, dan visual. Ia menekankan pentingnya cerita menarik, kualitas audio yang baik, dan teknik pengambilan gambar. Susanto juga membahas tentang video dokumentasi, menjelaskan bahwa persiapan sebelum turun ke lapangan adalah kunci utama.

“Penting untuk membuat daftar pertanyaan, menentukan angle video, bahkan membayangkan video yang akan diambil melalui story board. Pengambilan gambar juga bisa dilakukan dengan handphone, yang penting adalah kreativitas dalam membuat video yang menarik,” tutupnya.

Pelatihan ini memberikan wawasan baru kepada anak-anak desa, memotivasi mereka untuk menjadi video jurnalis yang kreatif, bahkan dengan peralatan sederhana seperti handphone. Semoga ilmu yang didapat dapat menjadi modal bagi anak-anak desa Balerejo untuk mengembangkan keterampilan mereka di bidang ini.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ole777

Ole777